Tidak Kita Sadari

12 04 2010

Ternyata Ketika kita asyik ym an, terus fb an, or melakukan hal lain dalam komputer, ternyata membuat banyak proses dan thread yang ternyata tidak kita sadari. Kita tidak sadar betapa cepat dan beratnya beban yang harus di proses oleh suatu komputer OS pada saat kita gunakan. Nah pengen tahu dan kenal apa itu proses dan thread? simak ulasan di bawah ini :

Konsep Dasar dan Definisi Proses

Secara informal; proses adalah program dalam eksekusi. Suatu proses adalah lebih dari kode program, dimana kadang kala dikenal sebagai bagian tulisan. Proses juga termasuk aktivitas yang sedang terjadi, sebagaimana digambarkan oleh nilai pada program counter dan isi dari daftar prosesor/ processor’s register. Suatu proses umumnya juga termasuk process stack, yang berisikan data temporer (seperti parameter metoda, address yang kembali, dan variabel lokal) dan sebuah data section, yang berisikan variabel global.

Kami tekankan bahwa program itu sendiri bukanlah sebuah proses; suatu program adalah satu entitas pasif; seperti isi dari sebuah berkas yang disimpan didalam disket, sebagaimana sebuah proses dalam suatu entitas aktif, dengan sebuah program counter yang mengkhususkan pada instruksi selanjutnya untuk dijalankan dan seperangkat sumber daya/ resource yang berkenaan dengannya.

Walau dua proses dapat dihubungkan dengan program yang sama, program tersebut dianggap dua urutan eksekusi yang berbeda. Sebagai contoh, beberapa pengguna dapat menjalankan copy yang berbeda pada mail program, atau pengguna yang sama dapat meminta banyak copy dari program editor. Tiap-tiap proses ini adakah proses yang berbeda dan walau bagian tulisan-text adalah sama, data section bervariasi. Juga adalah umum untuk memiliki proses yang menghasilkan banyak proses begitu ia bekerja.

Threads

Model proses yang didiskusikan sejauh ini telah menunjukkan bahwa suatu proses adalah sebuah program yang menjalankan eksekusi thread tunggal. Sebagai contoh, jika sebuah proses menjalankan sebuah program Word Processor, ada sebuah thread tunggal dari instruksi-instruksi yang sedang dilaksanakan.

Kontrol thread tunggal ini hanya memungkinkan proses untuk menjalankan satu tugas pada satu waktu. Banyak sistem operasi modern telah memiliki konsep yang dikembangkan agar memungkinkan sebuah proses untuk memiliki eksekusi multithreads, agar dapat dapat secara terus menerus mengetik dalam karakter dan menjalankan pengecek ejaan didalam proses yang sama. Maka sistem operasi tersebut memungkinkan proses untuk menjalankan lebih dari satu tugas pada satu waktu.

Tahap Proses

Setiap proses pas ada pembuatan atau creation, scheduling, shitching, syncronization and communication procesing, managemen PCB, Termination.

  • Creation :  Adalah dimana akan dilakukan pembuatan proses
  • Scheduling  : Adalah dimana proses akan di jadwalkan oleh OS, penjadwalan ini meliputi :

job queue : ketika proses berada di CPU

– ready queue : proses yang hidup pada memori utama, siap dan menunggu untuk masuk ke job queue

– device queue : bila proses tersebut menunggu peralatan I/O tertentu

– Setiap proses akan berpindah dari satu antrian ke antrian lain

Pada proses ini terjadi

  • Shitching : disini proses interupsi by user maupun kebutuhan proses lain terhadap I/O
  • syncronization n Communication : Yaitu penyamaan dan proses komunikasi anatar proses
  • Managemen PCB : Pengatruran Proses Control Block agar semua proses yang di tangani oleh OS dapat bekerja secara maksimal

Pada Saat Ini kecepatan proses dalam komputer sangat maju dengan pesat, hal ini dikarenakan adanya arsitektur dari processor itu sendiri. Pada komputer dengan multiprosessor saat ini sudah ada pertimbangan bahwasanya ada konfiguarasi proses dengan multiproscessor, sehingga berapa proseskan yang dapat di eksekusi pada satu waktu dan satu block.

Selain PCB ada juga TCB

dalam ulasan Wiliam Stalling di bab 4.1 tabel daftar 3,5 elemen khas ditemukan di blok kontrol proses untuk OS untreaded tiga, yang seharusnya menjadi milik sebuah blok kontrol tiga dan yang seharusnya menjadi milik blok kontrol proses untuk sistem multithreading?
Thread control block :  Processor state information process control information
Process control block : Process intenfication

hal ini menunjukan bahwasanya penjadwalan yang dilakukan oleh thread lebih efisien, karena masih dalam satu proses. Semisal dalam satu proses ada thread dan thread tersebutmembuat scheduling lagi maka kecepatan scheduling dari thread tersebut lebih cepat dari pada membuat suatu proses lagi, mengapa? karena scheduling baru yang diciptakan masih dalam satu proses itu sendiri, berbeda dengan scheduling yang membuat proses baru lagi, maka yang akan di siapkan akan terlalu banyak. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa thread lebih dipilih untuk di tingkatkan dari suatu teknologi proses. (Aris)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: